Memaksimalkan Hasil Usaha

Semua orang pasti ingin sukses meskipun sesungguhnya ia lebih banyak bermalas-malasan. Kita juga tentu mengetahui apabila sebuah usaha yang kita lakukan haruslah konsisten dan berkelanjutan. Ada banyak artikel yang membahas mengenai kiat-kiat menjaga ketekunan, ketelitian, kesabaran dan kecermelangan ide dalam kita berusaha. Di dalam artikel-artikel tersebut tentunya juga sering ditambahkan mengenai “doa” sebagai salah satu hal yang dapat membantu memaksimalkan usaha kita.

Selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha ..
Selalu ada harapan bagi mereka yang berdoa ..

Ada sebuah tema tausiah yang sangat saya sukai ketika saya menghadiri suatu kegiatan keagamaan. Tema tersebut membuka mata saya mengenai hal penting yang perlu saya lakukan untuk menunjang usaha yang saya lakukan dalam bidang apapun termasuk mengenai mencari kecukupan materi. Mohon maaf namun saya lupa nama ustad yang menyampaikan.

Ada beberapa point penting yang saya catat dalam tausiah tersebut guna memaksimalkan hasil dari apa yang kita usahakan :

  1. Solat dhuha.
    Solat dhuha dapat dianggap sebagai wujud terima kasih seorang hamba kepada Allah SWT. Ada berbagai hadist yang menyebutkan mengenai pentingnya melaksanakan solat dhuha. Jika Anda saat ini bekerja, akan lebih baik jika disempatkan untuk sholat dhuha terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan Anda. Tapi jika Anda saat ini masih bersekolah, mungkin bisa disempatkan solat dhuha ketika jam istirahat.”Maka nikmat TuhanMU yang manakah yang kamu dustakan?”
  2. Solat qiyamulail.
    Di sepertiga malam, kita dapat berdialog dengan Allah secara langsung untuk meminta kemudahan dan rahmatNYA dalam setiap langkah usaha yang kita lakukan.
  3. Puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis.
    Dengan berpuasa, secara tidak langsung kita akan melatih diri kita untuk bersabar dan terus melakukan perbaikan diri. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh dalam kesabaran kita untuk tetap berjuang di jalan yang telah kita pilih.
  4. Perbanyak sedekah.
    Orang-orang yang mendapatkan manfaat atas harta yang kita sedekahkan akan dengan senang hati menyelipkan nama kita dalam doanya. Bukan kah lebih banyak orang yang mendoakan kita, akan lebih baik daripada kita sendiri yang mendoakan keberhasilan kita?
  5. Perbanyak membaca Al Quran.
    Dengan sering membaca Al Quran, kita tidak akan mudah melupakan Allah atas ketetapannya. Kita juga dapat menemukan tuntunan hidup yang tentunya akan menunjang keberhasilan usaha kita.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

berusaha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s