Karena Allah Maha Penyayang dan Maha Mengetahui

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(QS. Al Baqarah : 216)

Suatu hari di sebuah kota terdapat seorang pelukis dengan asistennya yang telah berhasil melukis pemandangan kota dari atap gedung yang sangat tinggi. Mereka terkagum-kagum oleh lukisan ciptaan mereka. Terlebih bagi sang pelukis. Ia terlihat paling bahagia dengan lukisannya.

Lalu, dengan sangat antusias sang pelukis mulai mencari sudut pandang terbaik untuk lukisannya. Ia melihat dari sisi kiri, lalu ke kanan, dan sedikit menyerong. Pelukis itu mencoba semua sisi untuk melihat lukisannya hingga tanpa sadar ia sudah berjalan ke sisi ujung gedung. nyaris terjatuh dalam jarak beberapa centimeter lagi.

Sang asisten menyadari jika sang pelukis sebentar lagi akan terperosok. Kemudian ia membuat sebuah keputusan untuk menyelamatkan nyawa sang pelukis. Ia sadar jikalau saat itu ia berteriak mengingatkan, kemungkinan besar sang pelukis akan terkejut dan kehilangan keseimbangan. Jadi, ia mengambil sebuah pisau dan kemudian merobek lukisan yang baru saja mereka buat.

Continue reading “Karena Allah Maha Penyayang dan Maha Mengetahui”

Advertisements

Memaksimalkan Hasil Usaha

Semua orang pasti ingin sukses meskipun sesungguhnya ia lebih banyak bermalas-malasan. Kita juga tentu mengetahui apabila sebuah usaha yang kita lakukan haruslah konsisten dan berkelanjutan. Ada banyak artikel yang membahas mengenai kiat-kiat menjaga ketekunan, ketelitian, kesabaran dan kecermelangan ide dalam kita berusaha. Di dalam artikel-artikel tersebut tentunya juga sering ditambahkan mengenai “doa” sebagai salah satu hal yang dapat membantu memaksimalkan usaha kita.

Selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha ..
Selalu ada harapan bagi mereka yang berdoa ..

Ada sebuah tema tausiah yang sangat saya sukai ketika saya menghadiri suatu kegiatan keagamaan. Tema tersebut membuka mata saya mengenai hal penting yang perlu saya lakukan untuk menunjang usaha yang saya lakukan dalam bidang apapun termasuk mengenai mencari kecukupan materi. Mohon maaf namun saya lupa nama ustad yang menyampaikan.

Ada beberapa point penting yang saya catat dalam tausiah tersebut guna memaksimalkan hasil dari apa yang kita usahakan :

  1. Solat dhuha.
    Solat dhuha dapat dianggap sebagai wujud terima kasih seorang hamba kepada Allah SWT. Ada berbagai hadist yang menyebutkan mengenai pentingnya melaksanakan solat dhuha. Jika Anda saat ini bekerja, akan lebih baik jika disempatkan untuk sholat dhuha terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan Anda. Tapi jika Anda saat ini masih bersekolah, mungkin bisa disempatkan solat dhuha ketika jam istirahat.”Maka nikmat TuhanMU yang manakah yang kamu dustakan?” Continue reading “Memaksimalkan Hasil Usaha”

Ketegaran Dalam Nyanyian Mimpi

Masalah. Suatu bentuk kerumitan yang dialami oleh manusia. Muda ataupun tua. Kaya ataupun miskin. Semua mengalaminya dalam tiap detik kehidupan yang dijalani. Tak banyak yang bisa bertahan dan berjuang menghadapi berbagai peliknya permasalahan.

Gambaran kehidupan seperti dalam dongeng yang selalu berakhir bahagia, hampir tidak pernah ada dalam kehidupan nyata seseorang. Jika memang kisah-kisah kebahagiaan itu terjadi, tentu tak akan banyak orang yang mengakhiri hidup dan menjadi gila.

Kunci dalam menghadapi peliknya kehidupan, sudah banyak yang mengetahuinya. Sejauh yang saya tahu mungkin tidak seberapa jauh dari apa yang Anda ketahui. Hanya saja terkadang kita kesulitan untuk menerapkannya dalam kehidupan nyata.

T E G A R

Mudah untuk diungkapkan namun sulit diterapkan. Menerima apa yang terjadi dan tetap tersenyum dan bersyukur meski perih menusuk sanubari. Tidak saya pungkiri, saya memang pemimpi. Bermimpi untuk dapat selalu bahagia dengan kehidupan saya. Bermimpi untuk mendapatkan segala yang saya butuhkan dan saya inginkan dengan mudah. Bermimpi untuk dapat memiliki keluarga yang rukun dan selalu penuh suka cita. Bermimpi memiliki banyak orang yang menyayangi dan melindungi saya. Mimpi yang kini menjadi nyanyian sunyi ketegaran.

Seseorang berkata kepada saya,

Perkuatlah iman dan ilmu sebagai pegangan dalam menjalani hidup ini.

Meski nampak mudah, namun cukup sulit bagi saya untuk mengimplementasikannya. Bagaimana dengan Anda?

Dan Ketika Kita Mulai Mengeluh..

Ketika kita mengeluh : “Ah mana mungkin…..”Allah menjawab : “Jika AKU menghendaki, cukup Ku berkata “Jadi”, maka jadilah (QS. Yasin ; 82)

Ketika kita mengeluh : “Capek banget gw….”Allah menjawab : “…dan KAMI jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS.An-Naba :9)

Ketika kita mengeluh : “Berat banget yah, gak sanggup rasanya…”Allah menjawab : “AKU tidak membebani seseorang, melainkan sesuai kesanggupan.” (QS. Al-Baqarah : 286)

Ketika kita mengeluh : “Stressss nih…Panik…”Allah menjawab : “Hanya dengan mengingatku hati akan menjadi tenang”. (QS.Ar-Ro’d :28)

Ketika kita mengeluh : “Yaaaahh… ini mah semua bakal sia-sia..”Allah menjawab :”Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan melihat balasannya”. (QS. Al-Zalzalah :7)

Ketika kita mengeluh : “Gile aje..gw sendirian..gak ada seorangpun yang mau bantuin…”Allah menjawab : “Berdoalah (mintalah) kepadaKU, niscaya Aku kabulkan untukmu”. (QS. Al-Mukmin :60)

Ketika kita mengeluh : “ Duh..sedih banget deh gw…”Allah menjawab : “La Tahzan, Innallaha Ma’ana. Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita:. (QS. At-Taubah :40)

kita semua yang mulai galau atas perhatian Allah yang serasa jauh dari kita padahal sebaliknya Allah dekat selalu (QS. Al-Baqarah 186)..

Ada Hujan Meteor..!!

Siapin permohonan! siapin permohonan..!!

Kata-kata anak kecil seperti di atas mungkin pernah kita ucapkan saat melihat bintang jatuh di langit. Yah.. seperti kalau ada pesawat terbang yang melintas lalu meminta uang “pesawat..! bagi uangnya donk..!” (iya saya ngaku, itu saya waktu kecil.. hehehehe…)
hmmm… akhir-akhir ini hujan meteor sedang marak diperbincangkan. Pecahan-pecahan dari komet Halley sepertinya akan semakin banyak yang mencapai bumi. di tahun 2008 ini ada beberapa kali hujan meteor. Ingin melihatnya? berikut data yang saya dapatkan:
1. 4 Januari 2008. Hujan meteor quadrantid yang diperkirakan ada 100 per jamnya. Deklinasi berada di 49 derajat. (Ups! sudah lewat..)
2. 6 Mei 2008. Hujan meteor equarids. Ada sekitar 60 meteor per jam. Dapat dilihat dari tanah air kita yang tercinta ini, Indonesia. (sama.. udah lewat juga..)
3. 21 Oktober 2008 sekitar pukul 02.00 hingga subuh. Sekitar 20 meteor per jam. Di Indonesia dapat terlihat namun tidak begitu jelas karena letaknya di deklinasi 16 derajat. (Hore!! ada peluang..!) Continue reading “Ada Hujan Meteor..!!”

Ada Apa dengan Teh?

Apakah mungkin bila kamu belum pernah minum teh?

Jangan bohong…

Hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa, setelah air, teh merupakan jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi manusia dewasa. Jadi, jangan pakai ngomong belum pernah minum teh.

Selama ini minum teh lebih ditujukan untuk kenikmatan dengan menambahkan gula atau susu pada air seduhannya. Berbeda dengan masyarakat Cina dan Jepang, mereka mengonsumsi teh tak semata untuk kenikmatan tapi sudah pada tahap mendapatkan khasiatnya yang menyehatkan.

Hasil penelitian menunjukkan, teh jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah kanker, mendepak kolesterol dan darah tinggi, mendapatkan kesegaran tubuh, menetralisasi kadar lemak dalam darah, melancarkan buang air seni, menghambat diare, dll.

Informasi yang saya dapat, dalam pembagiannya, teh dapat dibedakan dalam tiga kategori utama berdasarkan pengolahannya. Yaitu teh hijau (tidak mengalami fermentasi), teh oolong (semi fermentasi) dan teh hitam (fermentasi penuh). Meski ketiga jenis teh ini berasal dari tanaman yang sama yakni Camelia sinensis, namun ada perbedaan yang cukup berarti dalam kandungan polifenolnya karena perbedaan cara pengolahan. Kandungan polifenol, senyawa antioksidan yang kemudian diyakini berkhasiat bagi kesehatan, tertinggi diperoleh pada teh hijau, kemudian oolong, lalu disusul teh hitam. Continue reading “Ada Apa dengan Teh?”