Ridho Dengan Ketetapan Allah

Pada artikel kali ini saya akan sharing mengenai tema yang saya dapatkan dari kegiatan kajian muslim mingguan yang diadakan di perusahaan tempat saya bekerja. Temanya cukup menarik, yakni “Ridho Dengan Ketetapan ALLAH”.

Title S2 alias syukur dan sabar bukan lah hal baru di telinga kita. Namun memang dalam pelaksanaannya sangat lah sulit. Allah telah menjelaskan dalam berbagai ayat mengenai keutamaan syukur dan sabar. Dalam dua diantara firman-NYA,

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan shalat) sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS Al-Baqarah:153)

“… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. Ibrahim:7)

Ridho dengan ketetapan Allah sangat erat kaitannya dengan sabar dan syukur seorang hamba. Keridhoan disini juga termasuk mengenai keridhoan seorang hamba bahwa Allah adalah Tuhan yang ia sembah. Hal tersebut memiliki konsekuensi tersendiri yang harus dijalankan. Continue reading “Ridho Dengan Ketetapan Allah”

Advertisements

Menjadi Hamba Kesayangan Allah

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Menjadi sesosok manusia yang dicintai dan disayangi tentu terasa menyenangkan. Apalagi jika yang menyangi adalah Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah SWT. Dengan cinta dan kasihnya kita diberi nikmat yang tak terukur jumlahnya.

Di kantor tempat saya bekerja alhamdulillah diadakan kajian mengenai Islam secara rutin. Ada satu materi yang saya cukup senangi dan saya ingin berbagi dengan rekan-rekan. Materi ini disampaikan oleh Ustadzah Fathiyah.

Bersumber dari QS Al Furqan ayat 63 – 74, terdapat 12 point yang bisa kita lakukan agar menjadi hamba kesayangan Allah. Sebelumnya, mari kita lihat terlebih dulu ayat yang dimaksud. Continue reading “Menjadi Hamba Kesayangan Allah”

Dan Ketika Kita Mulai Mengeluh..

Ketika kita mengeluh : “Ah mana mungkin…..”Allah menjawab : “Jika AKU menghendaki, cukup Ku berkata “Jadi”, maka jadilah (QS. Yasin ; 82)

Ketika kita mengeluh : “Capek banget gw….”Allah menjawab : “…dan KAMI jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS.An-Naba :9)

Ketika kita mengeluh : “Berat banget yah, gak sanggup rasanya…”Allah menjawab : “AKU tidak membebani seseorang, melainkan sesuai kesanggupan.” (QS. Al-Baqarah : 286)

Ketika kita mengeluh : “Stressss nih…Panik…”Allah menjawab : “Hanya dengan mengingatku hati akan menjadi tenang”. (QS.Ar-Ro’d :28)

Ketika kita mengeluh : “Yaaaahh… ini mah semua bakal sia-sia..”Allah menjawab :”Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan melihat balasannya”. (QS. Al-Zalzalah :7)

Ketika kita mengeluh : “Gile aje..gw sendirian..gak ada seorangpun yang mau bantuin…”Allah menjawab : “Berdoalah (mintalah) kepadaKU, niscaya Aku kabulkan untukmu”. (QS. Al-Mukmin :60)

Ketika kita mengeluh : “ Duh..sedih banget deh gw…”Allah menjawab : “La Tahzan, Innallaha Ma’ana. Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita:. (QS. At-Taubah :40)

kita semua yang mulai galau atas perhatian Allah yang serasa jauh dari kita padahal sebaliknya Allah dekat selalu (QS. Al-Baqarah 186)..