Ridho Dengan Ketetapan Allah

Pada artikel kali ini saya akan sharing mengenai tema yang saya dapatkan dari kegiatan kajian muslim mingguan yang diadakan di perusahaan tempat saya bekerja. Temanya cukup menarik, yakni “Ridho Dengan Ketetapan ALLAH”.

Title S2 alias syukur dan sabar bukan lah hal baru di telinga kita. Namun memang dalam pelaksanaannya sangat lah sulit. Allah telah menjelaskan dalam berbagai ayat mengenai keutamaan syukur dan sabar. Dalam dua diantara firman-NYA,

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan shalat) sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS Al-Baqarah:153)

“… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. Ibrahim:7)

Ridho dengan ketetapan Allah sangat erat kaitannya dengan sabar dan syukur seorang hamba. Keridhoan disini juga termasuk mengenai keridhoan seorang hamba bahwa Allah adalah Tuhan yang ia sembah. Hal tersebut memiliki konsekuensi tersendiri yang harus dijalankan. Diantaranya:

  1. Ridho dengan perintah Allah.
    Melaksanakan tanpa pertanyaan yang memiliki maksud untuk menyanggah dan mencari celah agar tidak melaksanakan perintah Allah tersebut. Sebagai contoh yakni perintah solat wajib 5 waktu. Seorang hamba yang berakal diwajibkan untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Walaupun ketika ia sedang dalam perjalan atau bahkan sedang dalam medan pertempuran perang sekali pun.
    Hal yang perlu diyakini oleh seorang hamba adalah bahwasanya segala perintah Allah SWT pasti memiliki kebaikan bagi diri hamba tersebut. Mungkin saat ini belum diketahui manfaat untuk menjalankannya. Namun tidak menutup kemungkinan di saat mendatang akan banyak bermunculan bukti manfaat dari perintah tersebut.
  2. Ridho dengan larangan Allah.
    Sebuah larangan tentu memiliki konsekuensi jika dilakukan. Salah satunya adalah dosa. Dosa ini akan dipertanggungjawabkan nantinya di akhirat kelak. Baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Sebenarnya jika kita melakukan suatu perbuatan yang dilarang dan berdosa, tubuh memberikan indikasi berupa kegalauan hati. Perasaan malu pun muncul jika perbuatan yang kita lakukan tersebut dilihat orang lain. Jika perasaan seperti itu muncul maka ada baiknya jika kita berhenti untuk melakukan perbuatan tersebut.
    Masing-masing dari kita tentu menyadari berbagai macam dosa yang hampir setiap hari kita lakukan. Contoh kecilnya adalah bersentuhan dengan lawan jenis. Sedangkan sebagian besar dari kita telah mengetahui jika perbuatan tersebut dilarang dalam Islam. Dalam suatu hadist dikatakan bahwa “Andaikata kepala salah seorang dari kalian ditusuk dengan jarum besi, itu lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.”
  3. Ridho atas apa yang diberikan oleh Allah.
    Seorang hamba diwajibkan untuk selalu bersyukur atas semua nikmat Allah yang diberikan kepadanya. Meskipun nampaknya apa yang ia dapatkan bukanlah apa yang ia suka.
    “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” (QS Al Baqarah : 216)
  4. Ridho dengan apa yang diambil atau ditahan oleh Allah.
    Apa yang kita miliki di dunia sesungguhnya milik Allah dan hanya menjadi titipan.
  5. Ridho dengan pilihan Allah.
    Tidak perlu merisaukan apa yang telah diberikan oleh Allah. Baik itu yang diberikan kepada diri ini, atau kepada orang lain. Allah Yang Maha Adil tentunya memiliki kebijaksanaan tersendiri atas apa yang Ia berikan kepada hamba-NYA.
  6. Ridho dengan takdir dan keputusan Allah.
    Setia dengan DUIT (Doa Usaha Ikhlas Tawakal) dalam upaya untuk mencapai yang diinginkan.

ridhoketetapanAllah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s