Ada Hujan Meteor..!!

Siapin permohonan! siapin permohonan..!!

Kata-kata anak kecil seperti di atas mungkin pernah kita ucapkan saat melihat bintang jatuh di langit. Yah.. seperti kalau ada pesawat terbang yang melintas lalu meminta uang “pesawat..! bagi uangnya donk..!” (iya saya ngaku, itu saya waktu kecil.. hehehehe…)
hmmm… akhir-akhir ini hujan meteor sedang marak diperbincangkan. Pecahan-pecahan dari komet Halley sepertinya akan semakin banyak yang mencapai bumi. di tahun 2008 ini ada beberapa kali hujan meteor. Ingin melihatnya? berikut data yang saya dapatkan:
1. 4 Januari 2008. Hujan meteor quadrantid yang diperkirakan ada 100 per jamnya. Deklinasi berada di 49 derajat. (Ups! sudah lewat..)
2. 6 Mei 2008. Hujan meteor equarids. Ada sekitar 60 meteor per jam. Dapat dilihat dari tanah air kita yang tercinta ini, Indonesia. (sama.. udah lewat juga..)
3. 21 Oktober 2008 sekitar pukul 02.00 hingga subuh. Sekitar 20 meteor per jam. Di Indonesia dapat terlihat namun tidak begitu jelas karena letaknya di deklinasi 16 derajat. (Hore!! ada peluang..!)
4. Pertengahan November 2008. Hujan meteor Leonid dari pecahan komet Tempel Tuttle. Bisa juga terlihat di Indonesia lho..
5. Desember 2008 banyak terdapat hujan meteor. Namun, kemungkinan untuk terlihat dari Indonesia bisa dikatakan sangat amat kecil sekali.

Jangan lewatkan hujan meteor pada 21 Oktober 2008 mendatang ya. Sekitar pukul 02.00 dini hari. tapi, kalau sampai tidak terlihat, jangan ngambek. Soalnya bisa saja tertutup oleh awan atau bahkan hujan.
Selamat menonton..

Advertisements

6 thoughts on “Ada Hujan Meteor..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s